logo

Saturday, 14 February 2015

Cara Ampuh Promosi Blog

Cara Ampuh Promosi Blog Gratis di Facebook & Google+

Facebook & Google+ merupakan situs jejaring sosial paling populer saat ini. Bagi para internet marketer dan blogger, kedua media sosial ini merupakan lahan subur untuk promosi bisnis maupun konten, baik secara berbayar maupun gratis. Di banding dengan twitter, Facebook dan Google+ lebih baik terutama jika kita ingin promosi secara gratis. Kedua media sosial ini memiliki lebih banyak fitur seperti fans page, grup, dan open graph yang bisa kita manfaatkan untuk berpromosi.
Jadi, bagi anda yang belum memiliki modal untuk berpromosi secara berbayar, tidak usah khawatir karena anda masih bisa berpromosi gratis secara optimal. Posting ini akan menjelaskan langkah-langkah promosi yang baik di facebook dan google+. Ditulis berdasarkan pengalaman saya sendiri beberapa hari lalu saat berpromosi di kedua media sosial tersebut.
Sekedar info, tips-tips di sini bukan untuk promosi hardselling atau promosi produk secara langsung. Tetapi lebih ke trik promosi & share link konten pada situs anda untuk meningkatkan kunjungan, branding serta meningkatkan konversi. Singkatnya, ini adalah panduan promosi untuk content marketing. Jadi, bagi anda yang bisnisnya belum melakukan content marketing, sebaiknya segera melakukannya dengan memiliki blog terlebih dahulu. Alasannya, bisa anda lihat pada posting ini : Alasan mengapa setiap bisnis harus mempunyai blog.
Langkah-langkah yang akan dibahas di sini juga bukan cara-cara mainstream seperti membuat fans page, tag teman-teman, dan sebagainya yang bersifat hardselling. Bukan juga menggunakan bot untuk spammer. Yang akan dibahas disini lebih kepada cara promosi untuk branding, jauh dari hal-hal yang bersifat spam, dan yang terpenting disukai oleh orang-0rang :).

Seberapa Efektif promosi dengan cara ini

Beberapa dari anda mungkin masih meragukan apakah cara ini efektif atau tidak. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa bukti dari hasil share saya sendiri.
Promosi Blog di Facebook
Pada tanggal 30 januari sekitar jam 2 siang saya share artikel saya Cara membuat popup dengan CSS3 murni di beberapa grup di facebook. Alhasil, statistik pada hari itu melunjak 400%. Kunjungan biasa pada situs ini berkisar antara 500-700 pageviews perhari. Pada hari tersebut, share di facebook menjadikan pageviews 2500+. Artinya ada sekitar 1800-2000 pageviews yang bersumber dari share facebook. Angka tersebut cukup fantastis untuk ukurang promosi di facebook secara gratis.
Satu hal lagi, kunjungan dari facebook pada blog saya rata-rata berkisar 3 pageviews pervisit. Artinya, itu kunjungan berkualitas. Bukti lainnya, pada hari itu pelanggan blog ini pun bertambah, walaupun tidak seberapa memang.
facebook-referrers
facebook-referrers-day2
Gambar di atas merupakan data dari mana kunjungan di situs ini berasal. Gambar pertama adalah referrers saat hari pertama share di facebook, pada tanggal 30 januari. Gambar kedua adalah referrers pada tanggal 31 januari. Bisa anda lihat sendiri, angka traffik dari facebooknya masih tinggi. Traffik tersebut biasanya akan bertahan selama 3 – 7 hari dengan angka yang terus mengecil. Bisa dimaklumi, karena ini hanyalah share.
Pada hari yang sama, saya juga melakukan share di google+ untuk versi bahasa inggris artikel yang sama. Untuk di google+, saya belum melakukannya dengan optimal. Pertama, karena komunitas di google+ pada niche blog ini tidak sebanyak facebook & lebih ketat peraturannya. Kedua, ada perbedaan waktu share untuk konten bahasa inggris sehingga waktu share saya kurang tepat.
Share di google+
google+share-day1
Gambar di atas, adalah data statistik untuk versi bahasa inggris blog ini. Berhubung baru sekitar seminggu yang lalu dibuat (dengan import data dari blogger), jadi statistiknya juga masih sangat kecil.
Bagi situs yang sudah memiliki traffik besar, tentu saja tidak seberapa. Tetapi, untuk situs dengan niche yang spesifik dan memiliki kunjungan yang kecil, tentu saja traffik tersebut cukup banyak. Apalagi jika kualitas kunjungannya sangat bagus. So, bagaimana untuk bisa mendapatkan traffik dari facebook & Google+ seperti di atas? Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus anda ikuti dan lakukan..

Aturan dan Ketentuan Share

Sebelum melakukan promosi, ada beberapa hal yang harus anda taati agar sharing anda berkualitas dan berhasil.

1. Bukan hardselling, tidak berbau komersial

Perlu anda ingat, bahwa ini adalah media sosial dimana orang-orang ada untuk berdiskusi, eksis dan bersosialisasi satu sama lain. Bukan untuk mencari produk seperti orang-orang di pasar. Jadi, apa yang anda posting di sana sebaiknya tidak berbau komersial agar orang-orang mau membicarakan apa yang anda share. Lalu, bagaimana jika konten di situs anda kebanyakan bersifat produk & komersial? Maka, yang perlu anda lakukan adalah sharing untuk membicarakan manfaat, cara pakai dan lainnya dari produk tersebut, stop membicarakan tentang harga atau hal lain yang bersifat jualan.

2. Tidak hanya share link tanpa kata-kata deskripsi sendiri

Saya yakin, kebanyakan orang yang share link ke facebook maupun google+ tidak mempedulikan kata-kata deskripsi yang bersifat personal untuk link tersebut. Mentang-mentang ada opengraph, tidak peduli deskripsi dari diri sendiri. Inilah mengapa share otomatis tidak pernah efektif. Tanpa kata-kata deskripsi manual, orang akan menganggap bahwa share anda tidak serius, untuk ‘klik’ semata tanpa mau mendiskusikan link tersebut. Sekali lagi, orang ada di media sosial untuk bersosialisasi dan berdiskusi suatu hal, bukan untuk yang lain.

3. Posting maksimal 2 kali dalam 1 minggu

Jangan terlalu sering share link blog anda, jika anda tidak mau dicap spammer. Jangan mengorbankan kredibilitas anda untuk promosi yang terlalu sering. Orang-orang punya rasa jenuh untuk apa yang anda bagikan. Karena itu atur frekuensi sharing. Tunggu sampai link yang anda share sebelumnya tidak terlihat lagi karena tenggelam oleh posting orang lain. Biasanya itu membutuhkan waktu 3-7 hari, jika posting anda berhasil jadi diskusi.

It’s all about content

Yap, semuanya tentang apa yang anda bagikan. Keunikan dan kualitas konten akan menjadi penentu seberapa besar feedback orang-orang.

1. Konten unik dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya

Posting yang saya share beberapa hari yang lalu dan menghasilkan traffik seperti pada gambar di atas, bisa dibilang adalah posting yang unik dan belum dipublikasikan sebelumnya. Karena itu, sebelum share, perbaiki dulu konten blog anda.

2. Artikel menarik, sehingga mengundang diskusi

Sebenarnya, hampir bisa dipastikan bahwa konten yang unik pasti akan menarik. Namun, jika anda kesulitan untuk menemukan ide konten yang unik, tidak ada salahnya menulis ulang atau menerjemahkan artikel orang lain yang sudah terbukti jadi pembicaraan orang. Bukan copas tentunya.

3. Judul yang memikat

Tanpa penulisan judul yang baik, bagaimana orang-orang tahu kalau artikel yang anda share itu menarik?. Oleh karena itu, pastikan anda menulis judul dengan baik.

4. Gambar yang menarik & menonjol

Satu hal yang perlu anda ketahui, bahwa pada opengraph facebook maupun google+, gambar yang ditampilkan menjadi thumbnail adalah bagian yang paling banyak menerima klik. Gambar yang menarik dengan warna yang menonjol(kontras) bisa lebih memikat daripada judul. Jadi, cari atau buat sendiri gambar yang menarik untuk artikel anda dan tempatkan pada bagian paling atas artikel, atau jadikan featured image jika anda menggunakan wordpress.

5. Posting terkesan kontroversial

Sesuatu yang bersifat kontroversial biasanya menimbulkan respon yang lebih banyak daripada yang biasa-biasa saja. Tentu saja, responnya mungkin melawan statement anda. Tapi itulah poinnya. Sebuah diskusi akan hidup ketika ada perbedaan pendapat di dalamnya. Namun, bukan berarti hanya mencari sensasi. Posting yang kontroversial juga ada batasnya. Jangan berlebihan karena bisa jadi karena terlalu runcingnya perbedaan pendapat yang ada justru membuat otoritas kita jadi jelek.

0 comments:

Post a Comment